MENU

Kisah Kanker: Sempat Divonis Tiga Kanker Sekaligus, Wanita Ini...

Jenis Jamur Ini Bisa Mencegah Kanker

March 25, 2016 Comments Off on Hindari Menggoreng Kentang Hingga Kecokelatan Views: 1450 Artikel Kesehatan

Hindari Menggoreng Kentang Hingga Kecokelatan

Sering menggoreng kentang hingga terlalu kering atau berwarna kecokelatan? Sebaiknya tinggalkan kebiasaan ini Sahabat Sehat. Karena kentang yang digoreng terlalu kering atau cokelat akan memicu tingginya zat penyebab kanker (karsinogen) bernama akrilamida. Apa itu akrilamida?

Akrilamida adalah zat yang terbentuk dari reaksi Maillard, yaitu reaksi ketika gula dalam makanan (contohnya glukosa, fruktosa, dan laktosa) bereaksi dengan asam amino asparagin bebas yang juga terkandung pada makanan, reaksi keduanya itu yang menjadikan makanan berwarna kecokelatan. Saat kedua zat ini bereaksi dalam suhu panas >120°C  zat akrilamida akan mulai terbentuk dan akan semakin menumpuk ketika terus menerus dipanaskan pada temperatur tinggi tersebut. Biasanya pembentukan akrilamida akan terjadi pada saat penggorengan, pemanggangan atau pembakaran.

Selama masih dalam batas wajar, akrilamida tidak membahayakan. Menurut Office of Environmental Health Hazard Assessment (OEAHHA), batas aman akrilamida sehingga tidak bersifat karsinogenik adalah 0,7 miligram (mg) per kilogram berat badan per hari. Artinya jika seseorang memiliki berat badan 70 kilogram, maka konsumsi akrilamida yang relatif aman adalah di bawah 49 miligram per hari. Sebagai gambaran, batas aman ini hampir setara dengan 2 bungkus keripik kentang ukuran 80 gram.

Pada dasarnya ada banyak makanan berkalori selain kentang yang mengandung akrilamida seperti roti, buah kering, atau sereal. Namun akrilamida pada olahan kentang berpotensi menjadi tertinggi karena biasanya umbi-umbian ini sering diolah dengan cara digoreng atau dipanggang hingga kering. Ini dibuktikan pada hasil penelitian European Food Safety Authority (EFSA) yang menyimpulkan bahwa dari 25 jenis makanan berkalori yang diteliti, kadar akrilamida tertinggi dihasilkan oleh kentang goreng (french fries).

Lalu, bagaimana mengolah kentang yang aman?

Dilansir dari Kompas Health, cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan tidak menyimpan kentang di kulkas. Karena menyimpannya di kulkas dapat meningkatkan akrilamida selama proses memasak, menurut American Cancer Society. Simpanlah kentang di luar kulkas dalam ruangan gelap dan kering.

Kedua, hindari menggoreng kentang hingga berwarna cokelat tua. Secepatnya angkat kentang ketika masih berwarna kuning. Warna cokelat pada kentang yang terlalu matang dapat berisi lebih banyak bahan kimia berbahaya, termasuk akrilamida. Hal yang sama juga berlaku untuk roti, panggang hanya sampai berwarna cokelat muda dan jangan sampai cokelat tua bahkan menghitam.

Dengan mengenali apa itu akrilamida dan bagaimana menghindarinya, Anda sudah selangkah lebih maju dalam melawan kanker.

Tags: , , , , , , , , , , ,

Comments are closed.