MENU

Waspada Gejala Kanker pada Anak

Berlibur Pasca Kemoterapi, Boleh?

April 6, 2017 Comments Off on Gejala Umum Penyakit Kanker Views: 17723 Artikel Kesehatan, knowledge

Gejala Umum Penyakit Kanker

Kanker bisa dipulihkan asal cepat dideteksi. Hal ini dikarenakan tingkat keganasan kanker dalam stadium awal masih lebih mudah dikontrol dan belum menyebar ke organ tubuh lainnya. Selain itu, pada umumnya kanker pada stadium awal lebih mudah dibersihkan karena masih dalam ukuran yang kecil.

Kemunculan penyakit kanker biasanya disertai dengan adanya beberapa perubahan pada tubuh, yang paling khas adalah timbulnya benjolan pada bagian tubuh yang terinfeksi kanker. Namun diperlukan pemeriksaan penunjang yang lebih mendalam untuk memastikan benjolan tersebut adalah kanker, karena data medis menunjukkan bahwa hampir 80% benjolan bukanlah kanker. Untuk itu pemeriksaan secara mendalam sangat dibutuhkan untuk mendeteksi kanker dengan akurat, seperti pemeriksaan mammografi (pemeriksaan menggunakan sinar X) untuk mendeteksi dini penyakit kanker payudara, tes Pap Smear untuk mendeteksi kanker serviks, Fecal Occult Blood Test (FOBT) untuk mendeteksi kanker usus dan sebagainya.

Berdasarkan Buletin Jendela Data dan Informasi, Kementerian Kesehatan RI, semester 1 tahun 2015, terdapat informasi yang memberitahukan gejala umum timbulnya kanker yang disosialisasikan dengan nama WASPADA, yaitu:

W.A.S.P.A.D.A Kanker:

W : Waktu buang air besar atau kecil ada perubahan kebiasaan atau gangguan.
A   : Alat pencernaan terganggu dan susah menelan.
S    : Suara serak dan batuk yang tidak sembuh-sembuh.
P    : Payudara atau tempat lain ada benjolan atau tumor.
A   : Andeng-andeng yang berubah sifat, menjadi makin besar dan gatal.
D   : Darah atau lendir yang abnormal keluar dari tubuh.
A   : Adanya koreng atau borok (luka) yang tidak sembuh-sembuh.

Pengetahuan ini sangat dibutuhkan untuk membantu menyadarkan dan mendeteksi sedini mungkin bahaya kanker yang dapat mengancam setiap saat. Jika Anda mengalami hal-hal di atas sebaiknya jangan menunda untuk berkonsultasi dengan dokter terkait.

Tags: , , , , ,

Comments are closed.