MENU

Penyebab Kanker

Statistik Kanker

March 21, 2016 Comments Off on Gejala Kanker Views: 986 Tentang Kanker

Gejala Kanker

Gejala kanker pada tiap jenisnya tidaklah sama. Pada hampir setiap jenis kanker, masing-masing gejalanya cukup sulit untuk dideteksi di awal. Gejala kanker biasanya baru akan terlihat setelah kanker berkembang pesat. Namun para peneliti kanker telah berhasil memecahkan bagaimana mendeteksi gejala awal penyakit berbahaya ini. Berikut ini beberapa gejala secara umum yang dirumuskan dalam singkatan CAUTION, dikutip dari Retire Easy.

CAUTION - Cancer Warning Signs

C – Change in bowel or bladder habits
Merasakan perubahan kebiasaan usus atau kandung kemih. Perubahan ini meliputi intensitas buang air kecil atau besar, perubahan pola pencernaan, dan sebagainya.

A – A sore that does not heal in a normal amount of time
Seseorang mengalami sakit yang tidak sembuh dalam waktu normal. Jika terletak di kulit atau di dalam mulut, maka kemungkinan kanker kulit atau kanker mulut bisa menjadi penyebabnya.

U – Unusual bleeding or discharge
Tubuh mengalami pendarahan yang tidak biasa. Setiap pendarahan dari kandung kemih, vagina, atau rektum bisa berarti kanker prostat, leher rahim, dan kanker kolorektal.

T – Thickening of breast tissue or a lump
Terjadi penebalan atau benjolan pada jaringan payudara. Setiap penebalan jaringan atau benjolan pada organ tertentu dapat menjadi tanda kanker. Tanda ini paling sering terdapat di payudara atau testis.

I – Indigestion
Gangguan pencernaan atau kesulitan menelan bisa menjadi gejala kanker perut, tenggorokan, kerongkongan, atau mulut.

O – Obvious changes to moles or warts
Perubahan signifikan pada tahi lalat atau kutil. Jika terdapat tahi lalat atau kutil yang membesar, maka kemungkinan ini adalah tanda kanker kulit.

N – Nagging cough
Batuk keras. Batuk yang berlangsung selama empat minggu atau lebih dapat menjadi gejala dari kanker paru-paru atau kanker tenggorokan.

Tags: , , , , , , , , , , , ,

Comments are closed.