MENU

Berlibur Pasca Kemoterapi, Boleh?

Bisakah Kanker “Diwariskan”?

April 9, 2017 Comments Off on Waspada Kanker Ginjal Views: 2385 Artikel Kesehatan, Jenis Kanker, knowledge

Waspada Kanker Ginjal

Timbulnya kanker terjadi karena adanya mutasi genetik yang dapat dipicu beragam faktor baik internal yakni faktor genetik (keturunan) ataupun faktor eksternal seperti paparan sinar UV, polusi asap kendaraan, asap rokok, bahan kimia pada makanan dan sebagainya. Mutasi genetik yang terjadi akan menyebabkan sel berkembang secara abnormal sehingga berubah menjadi tumor yang menjadi bibit timbulnya kanker.

Kanker berpotensi muncul atau menyebar ke beragam organ tubuh manusia, tidak terkecuali ginjal. Kanker ginjal umumnya menyerang orang-orang yang telah memasuki umur 50 tahun ke atas, namun bukan berarti menutup kemungkinan penyakit ini untuk menyerang mereka yang berada di usia muda.

Yang perlu dicatat bahwa, kanker ginjal merupakan jenis kanker yang sangat sulit didiagnosa dan dideteksi. Bahkan kanker ini dijuluki silent disease karena ini tidak menunjukan gejala apapun, terutama pada stadium awal. Gejala-gejala kanker ginjal biasanya muncul saat kanker sudah memasuki tahap akhir atau stadium 4. Beberapa gejalanya adalah:

  • Terdapat darah dalam urine (warna urine berubah kemerahan atau kecokelatan).
  • Penurunan berat badan tanpa sebab yang jelas dan secara tiba-tiba.
  • Kekurangan darah atau anemia.
  • Badan terasa lelah tanpa melakukan aktivitas fisik yang berat.
  • Pembengkakan pembuluh darah di sekitar testis (jika terjadi pada pria).
  • Demam tinggi.

Kanker memang sulit untuk dipulihkan, namun sangat mungkin untuk dilawan dan dicegah. Ada beragam cara untuk melawan penyakit kanker,

Halaman selanjutnya

Tags: , , , , , , ,

Comments are closed.