MENU

Melawan Kanker dengan Tertawa. Bisa?

Alasan Kenapa Anda Harus Jauhi Zat Aditif

January 31, 2017 Comments (0) Views: 369 Artikel Kesehatan, knowledge, lifestyle

Efek Terapi Musik pada Penderita Kanker

Tidak melulu berasal dari bahan kimia ataupun herbal, ternyata terapi melawan kanker bisa berasal dari aspek manapun. Siapa sangka dunia seni dapat memberikan kontribusi dalam pemulihan ataupun meringankan beban yang dirasakan pengidap kanker.

Penelitian yang dipimpin oleh Joke Bradt, PhD, MT-BC yang merupakan profesor dari Department of Creative Arts Therapies at Drexel University, menunjukkan beberapa bukti bahwa musik dapat dijadikan terapi komplementer melawan kanker. Peneliti mengemukakan bahwa peran utama musik sebagai terapi komplementer yaitu meredakan efek psikologis penderita kanker baik saat melakukan tindakan operasi atapun kemoterapi.

Dalam penerapannya terapi kanker menggunakan musik sering kali digunakan untuk menunjang kebutuhan fisik dan emosional pasien kanker dengan meringankan tekanan emosional, fisik dan sosial yang disebabkan oleh kanker.

Dikutip Cancer Treatment Center of America, dengan melakukan terapi musik termasuk bernyanyi, berdansa dan atau mendengar, terdapat berbagai efek positif bagi penderita seperti membantu:

  • Melepas emosi negatif
  • Mengekspresikan perasaan yang terpendam
  • Mengurangi stress dan memberikan rasa rileks pada pikiran dan tubuh.
  • Menciptakan kestabilan emosi pada waktu tertentu
  • Memberikan perasaan nyaman akan kehidupannya.

Sedangkan berdasarkan informasi yang dikutip dari Cancer Research UK, salah satu dari banyak alasan mengapa terapi musik digunakan pada pasien pengidap kanker karena musik dapat membuat penderita kanker merasa lebih baik secara psikis dan bahkan dapat meredam beberapa efek yang ditimbulkan oleh kanker seperti rasa sakit, rasa cemas, rasa depresi dan rasa mual.

Tags: , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *