MENU

Adakah Risiko Kanker pada Ikan Laut?

Cara Mudah Mendapatkan Imunitas Ekstra Untuk Menghadapi Kanker

August 29, 2017 Comments Off on Daya Tahan Tubuh yang Kuat Membantu Kita Terhindar dari Kanker. Ini Alasannya. Views: 1663 Artikel Kesehatan

Daya Tahan Tubuh yang Kuat Membantu Kita Terhindar dari Kanker. Ini Alasannya.

Ditinjau oleh:
dr. Rony Wijaya
Medical Marketing – PT. Indocare Citrapasific

Saya yakin Anda memahami pentingnya menjaga daya tahan tubuh; pastinya agar kita tidak mudah terserang penyakit. Seringkali ketika mendengar frase ‘daya tahan tubuh’, hal yang terbayang di benak kita adalah penyakit-penyakit ringan seperti flu, alergi, dan lain-lain. Tapi untuk menghubungkan daya tahan tubuh dengan kanker, sepertinya agak terlalu jauh. Apakah benar terlalu jauh?

Saya mulai cerita ini dengan ‘sel’. Sekedar pengingat untuk Anda yang sudah lama tidak belajar biologi; tubuh kita terdiri dari 30-40 triliun sel, yang merupakan satuan kehidupan terkecil. Sifat utama sel adalah memperbanyak diri dengan cara membelah diri. Di dalam tubuh hal tersebut dilakukan untuk menggantikan sel lama yang rusak. Paparan zat karsinogenik (makanan gosong, berpengawet, pewarna, polusi udara, radiasi, dan lain-lain) dapat menyebabkan proses pembelahan sel terganggu menjadi tidak normal sehingga sel menjadi rusak atau mengalami perubahan DNA.

Tubuh memiliki mekanisme dalam menangani sel yang mengalami kerusakan tersebut. Sel yang rusak akan diperbaiki dan jika sudah terlalu rusak maka akan dimasukkan ke dalam program kematian sel. Namun adakalanya sel rusak yang seharusnya diperbaiki dan dimatikan tersebut terlewatkan oleh sistem kekebalan tubuh. Nah sel rusak yang tidak tertangani ini akan mengalami mutasi. Pembelahan selnya pun menjadi tidak terkendali. Sel yang mengalami mutasi beberapa kali berpotensi menjadi sel kanker.

Mekanisme perbaikan dan pematian sel rusak oleh tubuh dapat terganggu jika daya tahan tubuh lemah, menyebabkan munculnya sel-sel rusak yang tidak tertangani oleh mekanisme tersebut. Upaya peningkatan daya tahan tubuh dapat membuat proses perbaikan dan pematian sel menjadi normal kembali; sedangkan sel yang sudah terlewat dan bermutasi jika masih dalam tahap awal masih dapat dimatikan dengan meningkatkan daya tahan tubuh ini.

Nah sahabat sehat, itulah pentingnya menjaga daya tahan tubuh agar kita dapat terhindar dari berbagai penyakit termasuk penyakit berat seperti kanker. Simak juga artikel berikutnya, dimana kita akan membahas tentang bagaimana kita mendapatkan imunitas ekstra untuk melawan kanker dari makanan.

Salam sehat!

Sumber: www.ilmudasar.com

Tags: , ,

Comments are closed.