MENU

Daya Tahan Tubuh yang Kuat Membantu Kita Terhindar dari...

August 30, 2017 Comments Off on Cara Mudah Mendapatkan Imunitas Ekstra Untuk Menghadapi Kanker Views: 2018 Artikel Kesehatan, knowledge

Cara Mudah Mendapatkan Imunitas Ekstra Untuk Menghadapi Kanker

Ditinjau oleh:
dr. Rony Wijaya
Medical Marketing – PT. Indocare Citrapasific

Pada artikel sebelumnya kita membahas betapa pentingnya daya tahan tubuh, agar tubuh kita terhindar dari penyakit yang ringan hingga kanker. Gaya hidup sehat adalah hal utama  yang harus diterapkan jika seseorang ingin memiliki daya tahan tubuh yang prima. Gaya hidup sehat meliputi pola makan seimbang, olah raga teratur, cukup istirahat, hingga manajemen stres. Nah kali ini saya ingin membahas dari sisi makanan.

Fungsi makanan bukan hanya untuk mengenyangkan perut dan memberi kita tenaga saja; lebih jauh lagi apa yang kita makan sangat menentukan tingkat daya tahan tubuh kita. Imunitas ekstra yang sangat kita perlukan untuk melawan sel-sel kanker sangat bisa kita dapatkan dari makanan. Nah, apa yang perlu kita cari dari sebuah makanan untuk mendapatkan imunitas ekstra :

Antioksidan
Perkembangan sel tidak normal yang nantinya akan menjadi sel kanker dapat disebabkan oleh radikal bebas; sebuah molekul yang kehilangan sebuah elektron pasangannya sehingga bergerak bebas mencari elektron lain dari sel sehat untuk dijadikan pasangan baru. Perilaku ini yang merusak sel sehat dan merusak DNA-nya sehingga membuat sel yang rusak tersebut bermutasi dan berubah menjadi sel kanker. Karena itulah radikal bebas juga digolongkan sebagai karsinogen (zat pemicu kanker).

Peran antioksidan adalah untuk menangkal radikal bebas; dengan cara menangkap molekul yang kehilangan pasangan tersebut dan mengubahnya menjadi molekul yang stabil kembali. Selama hidup kita, apalagi yang di perkotaan, selalu dikelilingi radikal bebas. Karena itu sangat penting untuk mengonsumsi makanan yang tinggi kandungan antioksidannya.

Bagaimana kita bisa tahu kalau makanan yang kita konsumsi tinggi antioksidannya? Antioksidan biasanya terdapat pada sayur dan buah. Sayur dan buah yang tinggi antioksidan umumnya memiliki kesamaan ciri yaitu warna yang kuat. Semakin kuat warnanya semakin tinggi antioksidan yang terkandung di dalamnya. Contohnya apel, kulitnya merah dalamnya putih, maka kandungan antioksidan yang tinggi pada apel terletak dikulitnya. Buah lain yang mengandung antioksidan tinggi adalah buah naga merah, warnanya yang pekat menandakan tingginya antioksidan yang terkandung didalamnya.

Polisakarida Beta Glukan
Polisakarida beta glukan bermanfaat bagi sistem kekebalan tubuh manusia. Polisakarida ini mengaktifkan sel makrofag dan sel T yang merupakan bagian dari sistem kekebalan tubuh. Sel makrofag diaktifkan untuk melaksanakan fungsinya, yaitu “menelan” sel-sel yang rusak akibat karsinogen. Sedangkan sel T berperan dalam menghasilkan zat yang makin menggiatkan sel makrofag tersebut. Kombinasi kerja sel-sel ini mengefektifkan fungsi sistem kekebalan tubuh dalam mencegah munculnya kanker.

Umumnya polisakarida Beta Glukan terdapat pada jamur. Tentunya tidak sembarangan jamur, apa saja jamur yang mengandung Beta Glukan tinggi bisa dilihat di artikel jenis-jenis jamur yang bisa mencegah kanker.  Dari sekian banyak jamur baik yang dijadikan makanan maupun obat, kandungan beta glukan tertinggi ternyata ada pada jamur Maitake. Kunci dari tingginya kandungan ini ada di cara pembudidayaan dan lingkungan dalam menumbuhkan jamur tersebut.

Nah sahabat sehat, agar kita senantiasa memiliki daya tahan tubuh yang kuat, mari kita penuhi kebutuhan antioksidan dan beta glukan kita dari makanan-makanan sehari-hari dan bila perlu kita bisa mengonsumsi suplemen untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Source: www.gelombangotak.com

Tags: , , ,

Comments are closed.