MENU

Gangguan Mental yang Berpotensi Muncul pada Penderita Kanker

Amankah Pasien Kanker untuk Hamil Kembali?

May 4, 2017 Comments Off on Kerabat Terdiagnosis Kanker, Begini Cara Menyampaikannya Views: 1157 Psikis dan Mental

Kerabat Terdiagnosis Kanker, Begini Cara Menyampaikannya

Saat ada berita buruk yang datang kepada kita mengenai orang yang kita cintai, kita merasa tidak tega untuk menyampaikannya. Apalagi jika berita tersebut adalah informasi mengenai penyakit kanker yang diidap oleh orang-orang yang kita sayangi, bisa orang tua atau kerabat yang dekat dengan kita. Salah satu pertimbangannya adalah, mengetahui kabar buruk tersebut akan berdampak negatif baik terhadap kondisi mentalnya maupun kondisi fisiknya. Kita khawatir orang yang kita sayangi akan mengalami depresi dan akhirnya terjadi penurunan kesehatan secara keseluruhan.

Memang pertimbangan untuk perlu tidaknya memberitahukan informasi negatif kepada anggota keluarga adalah hak dari keluarga yang bersangkutan. Tentu ada konsekuensi positif dan negatif, baik memberitahukan maupun tidak memberitahukannya.

Konsekuensi memberitahukan:

  • Konsekuensi positif: pasien menjadi tahu dan bisa mempersiapkan kemungkinan terburuk dengan cara yang ia pilih.
  • Konsekuensi negatif: informasi itu akan berdampak negatif terhadap pasien sehingga akan lebih banyak mudaratnya daripada manfaatnya.

Konsekuensi tidak memberitahukan:

  • Konsekuensi positif: pasien tidak akan mengetahui penyebab sakitnya, sehingga rasa stress-nya bisa ditekan.
  • Konsekuensi negatif: keluarga harus terus-menerus membohongi pasien tentang sakitnya. Pasien juga tidak bisa mempersiapkan hal terburuk saat waktunya tiba.

Masalah apakah perlu tidaknya menyampaikan kabar buruk sebaiknya dibicarakan oleh seluruh anggota keluarga dengan dokter yang menangani sehingga bisa diperoleh pertimbangan matang, apakah akan memberitahukan atau tidak. Hal ini penting agar keputusan yang terbaiklah yang akan diambil sehingga tidak terjadi penyesalan di kemudian hari.

Pages ( 1 of 2 ): 1 2Next »

Tags: , , , ,

Comments are closed.