MENU

Cara Mencegah Kanker Usus Besar – Bagian 1

Waspada, Inilah Penyebab Tingginya Risiko Kanker Payudara

June 9, 2016 Comments Off on Cara Mencegah Kanker Usus Besar – Bagian 2 Views: 637 Artikel Kesehatan

Cara Mencegah Kanker Usus Besar – Bagian 2

Kanker usus besar lebih ‘akrab’ dengan orang-orang yang pola konsumsinya tidak sehat. Anda yang belum bisa menjaga pola konsumsi sehat sebaiknya perlu mewaspadainya. Setelah Cara mencegah kanker usus besar bagian pertama telah dijelaskan sebelumnya, berikut ini kami akan menjelaskan juga 5 cara selanjutnya tentang bagaimana mencegah kanker usus besar, dikutip dari Top 10 Home Remedies.

6. Lakukan Skrining (Deteksi Dini) Rutin
The American Cancer Society merekomendasikan skrining kanker pada usia 45 tahun bagi Anda yang memiliki riwayat kanker di keluarganya. Bagi yang tidak memiliki riwayat atau gejala kanker, Anda dapat melakukan skrining kanker rutin setelah usia 50 tahun.

Skrining kanker memang tidak bisa memberikan pencegahan ataupun penyembuhan pada penyakit kanker. Namun dengan skrining, penyakit kanker akan jauh lebih mudah untuk disembuhkan. Sebab, skrining memungkinkan Anda untuk mengetahui adanya sel kanker di dalam tubuh secara lebih dini. Sementara penyakit kanker tahap awal akan lebih mudah disembuhkan ketimbang kanker yang sudah berkembang.

Beberapa jenis diagnosis kanker yang populer misalnya kolonoskopi, sigmoidoskopi, fecal occult blood test dan fecal immunochemical test. Konsultasikan dengan dokter untuk menentukan jenis skrining apa yang tepat untuk Anda.

7. Berhenti Merokok
Seperti yang telah dijelaskan dalam artikel penyebab kanker, merokok tercatat sebagai bagian dari pola hidup penyebab kanker yang paling banyak menyebabkan kematian.

Asap rokok mengandung banyak karsinogen yang merusak sel tubuh sehingga menyebabkan kanker. Sebuah studi yang dipublikasikan dalam Cancer Epidemiology, Biomarkers & Prevention Journal tahun 2009 menunjukkan bahwa merokok secara jangka panjang dapat menyebabkan kanker kolorektal atau usus besar.

Jika Anda masih merokok, sebaiknya hentikan kebiasaan ini. Anda bisa memulainya dari diri sendiri, lalu meminta bantuan dari dokter, kerabat, dan anggota keluarga untuk meningkatkan peluang keberhasilannya.

8. Cukupi Vitamin D
Vitamin D membantu mengatur pertumbuhan sel, membatasi peradangan dan bahkan mencegah penyebaran sel kanker. Sebuah studi dalam Cancer Epidemiology, Biomarkers & Prevention Journal tahun 2011 telah membuktikan hal ini. Dengan menjaga asupan  vitamin D dalam tubuh, Anda dapat mengurangi risiko kanker usus besar.

Asupan vitamin D bisa Anda peroleh dari makanan seperti ikan, minyak ikan cod, kuning telur, susu dan produk biji-bijian. Anda juga disarankan berjemur di bawah sinar matahari pagi selama 15 menit setiap hari untuk membantu tubuh memproduksi vitamin D.

9. Konsumsi Makanan dan Minuman Antikanker
Pola makan teratur memainkan peranan penting dalam mencegah kanker usus besar. Untuk mencegah kanker usus besar, makanan dan minuman kaya antioksidan dan fitokimia sangatlah dibutuhkan. Jenis makanan atau minuman yang bisa Anda pilih misalnya brokoli, teh hijau, tomat, jahe, bayam, dan kacang-kacangan.

10. Hindari Penggunaan Antibiotik yang tidak perlu
Antibiotik memang dibutuhkan dan penting untuk mengobati sejumlah infeksi bakteri, namun penggunaan antibiotik yang berlebihan justru dapat meningkatkan risiko beberapa penyakit kanker seperti kanker usus besar, prostat, payudara dan paru-paru.

Terlalu sering menggunakan antibiotik cenderung melemahkan sistem kekebalan tubuh  karena antibiotik akan membunuh  tidak hanya bakteri jahat tetapi juga bakteri baik. Jika Anda sering sakit, maka sebaiknya jangan terlalu sering mengonsumsi obat antibiotik. Anda bisa membantu menyembuhkannya dengan mengonsumsi buah atau sayuran yang berkhasiat terhadap penyakit yang diderita.

Tags: , , , , , , , , , , , , , ,

Comments are closed.