MENU

Perokok, Perbanyak Makan Buah-Buahan Ini

Waspada Gejala Kanker pada Anak

March 22, 2017 Comments Off on Cara Mempertahankan Moril Penderita Kanker Views: 248 Artikel Kesehatan, knowledge

Cara Mempertahankan Moril Penderita Kanker

Sudah menjadi naluri setiap orang untuk memotivasi orang tercinta, kerabat ataupun teman kala terserang penyakit, terutama penyakit berat seperti kanker

Namun tahukah Anda, bahwa sering kali kita keliru dalam memberikan motivasi kepada mereka yang justru malah berpotensi membuat rasa tidak nyaman bagi penderita kanker. Lalu bagaimana solusinya?

Seorang psikiater Dale Atkins mengungkap, beberapa bentuk bantuan moril sederhana yang efektif untuk menjaga kestabilan mental dan semangat bagi mereka yang sedang berjuang melawan penyakit kanker. Berikut beberapa tips yang dapat Anda terapkan untuk menjaga mental dan semangat penderita kanker.

  1. Bersikap normal:  Berinteraksilah dengan penderita kanker selayaknya berinteraksi dengan orang yang sehat. Perlakuan khusus justru dapat berpotensi menyebabkan ia berkecil hati atau dianggap lemah.
  2. Ceritakan kisah survivor kanker: Beberapa kisah sukses pasien yang berhasil sembuh akan menunjukkan pada si pasien bahwa selalu ada celah kesembuhan di setiap beratnya penyakit manusia.
  3. Usahakan selalu sigap: Seseorang yang mengidap sakit kronis cenderung memiliki tingkat emosional yang tinggi, sehingga pastikan Anda tidak menunjukkan rasa lelah dan capek untuk menyediakan segala kebutuhannya.
  4. Peduli: Yakinkan mereka lewat tindakan bahwa Anda akan menemani proses pengobatan lawan kanker bersama-sama.
  5. Berpikiran terbuka:Tetap yakin dan percaya pada segala upaya yang dilakukan bakal memberi kesembuhan. Jangan membatasi pikiran dan angan-angan serta harapan.
  6. Mendengarkan: Menyediakan waktu untuk mendengarkan cerita, keluhannya, serta beban dalam menghadapi kemoterapi maupun radiasi.
  7. Hormati privasi: Jika dia tak ingin menceritakan sesuatu, tak perlu dipaksa dan hormati area pribadinya.

Tags: , , , , , , ,

Comments are closed.