MENU

Mengenal Kanker Payudara Triple Negatif

Amankah Pasien Kanker untuk Hamil Kembali?

July 21, 2017 Comments (0) Views: 1723 Tentang Kanker

Bisakah Penyakit Kanker Menular?

Ditinjau oleh:
dr. Rony Wijaya
Medical Marketing – PT. Indocare Citrapasific

Kanker tidak bisa dipungkiri lagi sudah menjadi penyakit yang paling tidak diinginkan lagi keberadaannya di muka bumi. Bagaimana tidak, penyakit mematikan ini diketahui sangat sulit untuk dipulihkan dan terkenal sangat mahal pula biaya pengobatannya. Karena itu sebaiknya kanker dihindari selagi bisa, dengan membatasi paparan faktor-faktor yang dapat menjadi pemicunya seperti rokok, polusi kendaraan, paparan sinar UV, makanan, dan pola hidup tidak sehat. Namun bagaimana apabila orang di sekitar mengidap kanker, apakah kita bisa tertular?

Jawabannya, ada kanker yang dapat “menular” dan tidak menular. Seperti ini penjelasannya:

Jenis Kanker yang Tidak Menular

Secara umum kanker digolongkan penyakit yang tidak menular sejauh faktor pemicu kanker tersebut adalah paparan senyawa karsinogenik yang terlalu sering. Senyawa karsinogenik merupakan senyawa berbahaya yang bersifat radikal bebas dan mampu merusak susunan genetik (DNA) seseorang dan mengakibatkan pertumbuhan sel menjadi tidak terkontrol. Pertumbuhan sel secara abnormal inilah yang menjadi bibit timbulnya penyakit kanker dan tumor.

Sehingga bila kanker ditimbulkan akibat paparan senyawa karsinogenik sudah hampir pasti dapat dikatakan jenis kanker tersebut tidak akan menular kepada orang lain. Beberapa jenis kanker tersebut seperti kanker payudara, kanker paru, kanker usus, kanker nasofaring, kanker ginjal, dan lain sebagainya.

Walau tidak menular, peneliti menyatakan ada beberapa sindrom kanker yang dapat diturunkan secara genetik. Namun hal tersebut bukanlah suatu vonis yang pasti, karena sekali lagi pemicu kanker ada sangat banyak dan rata-rata diakibatkan pola hidup yang tidak sehat. Sehingga bagi Anda yang memiliki orang tua dengan riwayat kanker untuk lebih W.A.S.P.A.D.A dan diharapkan mampu menjaga pola hidupnya dengan disiplin

Jenis Kanker “Menular”

Penyakit kanker juga dapat menular secara tidak langsung, namun umumnya kanker jenis ini disebarkan dan dipicu oleh infeksi virus, yakni Human Papilomavirus (HPV). Biasanya infeksi virus HPV tersebar melalui kontak seksual namun ada kemungkinan juga seseorang terinfeksi virus HPV karena kurang menjaga kebersihan lingkungannya dan dirinya seperti, menggunakan barang pribadi secara bergantian, tidak memakai sandal saat masuk ke toilet umum, tidak membersihkan luka, atau membiarkan luka terbuka terlalu lama.

Berikut adalah beberapa jenis kanker yang dapat menular akibat infeksi virus HPV:

  • Kanker Mulut:
    Kanker mulut merupakan jenis kanker yang umumnya muncul di bagian kepala, mulut, dan tenggorokan. Hingga saat ini virus HPV masih menjadi terduga utama timbulnya kanker tenggorokan. Hal ini disebabkan adanya infeksi virus saat terjadinya kontak dengan sel-sel epitel kulit dan mukosa melalui seks oral.
  • Kanker Anus:
    Kanker anus terjadi saat terbentuk sel-sel kanker ganas di jaringan anus dan sebagian besar kasus kanker anus terjadi akibat infeksi virus HPV. Perilaku seks tidak sehat diduga menjadi penyebabnya. Kanker anus biasa timbul dengan membawa beberapa gejala seperti adanya perdarahan pada anus, timbul benjolan di area anus dan adanya perubahan pada organ usus besar.
  • Kanker Serviks:
    Kanker serviks merupakan jenis kanker paling mematikan bagi kaum hawa. Menurut American Cancer Society, seorang wanita harus terinfeksi virus HPV terlebih dulu untuk dapat mengembangkan kanker serviks. Namun tidak menutup kemungkinan penyebaran virus HPV dapat terjadi akibat penggunaan toilet umum yang tidak terawat kebersihannya atau akibat penggunaan barang pribadi secara bersama.
  • Kanker Penis:
    Kanker penis kurang pamor bila dibandingkan dengan kanker prostat, namun kanker ini juga memiliki tingkat kejadian yang cukup tinggi. Berdasarkan data Cancer Research UK dilaporkan bahwa 47% pria yang mengidap kanker penis diakibatkan infeksi virus HPV. Indikasi seseorang mengidap kanker penis yakni timbulnya timbulnya luka tanpa sebab pada daerah penis, adanya iritasi, perdarahan, dan muncul benjolan di area penis.
  • Kanker Vagina:
    Menurut American Cancer Society, infeksi virus HPV memiliki kaitan erat atas timbulnya lebih dari setengah kasus kanker vulva serta meningkatkan pula risiko kanker vagina. Hingga saat ini, cara penularan yang telah terbukti meningkatkan risiko kanker vagina akibat infeksi virus HPV adalah melalui kontak seksual.

 

Tags: , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *