MENU

Jenis Makanan Pokok Ini Bisa Membantu Mengatasi kanker

Jenis Pemanis Buatan Ini Sering Dihubungkan dengan Kanker

December 16, 2016 Comments (0) Views: 470 Artikel Kesehatan, knowledge, lifestyle, makanan

Air Minum Kemasan yang Lama Disimpan di dalam Mobil Berpotensi Timbulkan Kanker, Benarkah?

Menyimpan air minum kemasan di dalam mobil sudah menjadi kebiasaan yang umum dilakukan. Sempat beredar peringatan dari pesan broadcast bahwa kebiasaan ini dinilai berbahaya. Saat dalam kondisi mesin mati, mobil akan memiliki suhu ruangan yang cukup panas dan pengap, terlebih ketika diparkir di tempat panas. Suhu panas ini akan memicu kemasan berjenis PET (polyethylene terephthlate) melepaskan zat kimia yang disebut Bisphenol A (BPA) ke dalam air. Selanjutnya BPA yang masuk ke tubuh lewat air dipercaya akan memicu kanker.

Bukan hanya di Indonesia, Amerika Serikat pun sempat diramaikan dengan sebuah e-mail dari salah satu peneliti Universitas Idaho yang menyimpulkan adanya kandungan di dalam botol plastik yang dapat menimbulkan kanker. Dalam tesisnya, peneliti menyebutkan zat yang disebut diethylhexyl adipate atau DEHA yang muncul saat mengalami pemanasan akan menyebabkan kanker pada penggunaanya.

Pertanyannya, apakah peringatan tersebut benar-benar valid?

Berdasarkan data yang Lawan Kanker himpun dari berbagai sumber seperti American Cancer Society, BBC, Klikdokter, dan Cancer Research UK, data tersebut diketahui tidak memiliki bukti yang kuat. Beberapa penelitian telah menunjukkan, sejumlah kecil bahan kimia dari kemasan plastik memang bisa berpindah ke makanan atau minuman yang disimpannya. Tapi jumlahnya sangat rendah. Ketika dipanaskan pun, kadar bahan kimia yang pindah ke makanan atau minuman biasanya jauh di bawah tingkat yang dianggap tidak aman.

Mengenai penelitian yang dilakukan oleh peneliti Universitas Idaho itu ternyata tidak dalam pengawasan baik oleh lembaga pengawasan obat dan makanan Amerika Serikat (FDA). Penyebaran hasil penelitian pun tidak dilaksanakan dalam wadah yang benar seperti pada jurnal-jurnal ilmiah ataupun jurnal teknik umumnya. Penelitian tersebut dikemukakan melalui email dan belum disetujui kebenarannya oleh para ahli.

Para peneliti membuktikan bahwa bahan DEHA yang ditemukan dalam penelitian belum disetujui sebagai bahan yang dapat menimbulkan kanker pada manusia. Dalam penelitian yang dilakukan oleh US Environmental Protection Agency, DEHA masih dikategorikan sebagai “possible human carcinogen” karena belum cukupnya bukti-bukti kuat yang menyatakan bahwa DEHA merupakan zat karsinogenik.

Kesimpulan yang dapat ditarik adalah, belum cukup bukti bahwa air minum kemasan yang disimpan di dalam mobil akan menyebabkan kanker. Namun perlu juga Anda perhatikan, menyimpan botol plastik berlama-lama setelah dibuka, serta menggunakannya secara berulang dapat menyebabkan gangguan kesehatan jika tidak dibersihkan secara steril.

Tags: , , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *